Robert Fulton (14 November 1765
– 24 Februari 1815) adalah seorang insinyur dan penemu yang secara luas dipuji
karena mengembangkan kapal uap pertama yang sukses secara komersial. Di tahun
1800 dia ditugaskan oleh Napoleon Bonaparte untuk merancang Nautilus, yang
pertama dalam sejarah kapal selam praktis.
Fulton telah
tertarik pada kapal uap pada tahun 1777 ketika ia mengunjungi William Henry
dari Lancaster, Pennsylvania, yang sebelumnya belajar tentang mesi uap James Watt pada
kunjungan ke Inggris. Henry kemudian membuat mesin sendiri dan pada tahun 1767
ia telah mencoba meletakkan mesin ke perahu. Eksperimen itu gagal karena kapal
tenggelam, tetapi minatnya terus berlanjut.
Pada 1786, Fulton
pergi untuk belajar melukis di Paris, dan di sana ia bertemu James Rumsey, yang
duduk untuk potret di studio Benyamin Barat di mana Fulton adalah seorang murid. Rumsey
adalah seorang penemu dari Virginia yang mengelola sendiri kapal uap pertama di
Shepherdstown (sekarang di West Virginia) pada tahun 1786. Pada awal 1793,
Fulton mengusulkan rencana untuk kapal bertenaga uap baik Amerika Serikat dan
pemerintah Inggris, dan di Inggris ia bertemu dengan Duke of Bridgewater, yang
kanal digunakan untuk pengadilan terhadap uap menarik, dan yang kemudian
memerintahkan kapal penarik uap dari william Symington. Symington telah
berhasil mencoba kapal uap pada 1788, dan tampaknya mungkin bahwa Fulton
menyadari perkembangan ini.
Percobaan pertama
yang berhasil lari dari sebuah kapal uap telah dibuat oleh penemu John Fitch
pada Sungai Delaware pada 22 Agustus 1787, di hadapan delegasi dari Konvensi
Konstitusional. Hal ini didorong oleh bank dayung di kedua sisi kapal. Tahun
berikutnya Fitch meluncurkan 60 kaki (18 m) perahu diaktifkan oleh mesin uap mengemudi
mount beberapa dayung buritan. Mengayuh dayung ini dengan cara yang mirip
dengan gerakan kolam kaki bebek. Dengan perahu ini ia membawa tiga puluh
penumpang pada berbagai round-trip perjalanan antara Philadelphia dan
Burlington, New Jersey.
Fitch diberikan hak
paten pada 26 Agustus 1791, setelah pertempuran dengan Rumsey, yang telah
menciptakan penemuan serupa. Sayangnya yang baru dibentuk Komisi Paten tidak
penghargaan monopoli paten yang luas bahwa Fitch sudah minta, tapi paten jenis
modern, untuk desain baru Fitch kapal uap. Ini juga diberikan paten untuk
Rumsey dan John Stevens untuk desain kapal mereka, dan hilangnya monopoli
menyebabkan banyak di Fitch investor untuk meninggalkan perusahaannya.
Sementara perahu mekanis berhasil, Fitch tidak membayar perhatian yang cukup
kepada konstruksi dan biaya operasi dan tidak bisa membenarkan manfaat ekonomi
navigasi uap. Itu Fulton yang akan mengubah ide Fitch menguntungkan dekade
kemudian.
Tahun 1797, Fulton
pergi ke Perancis, di mana Claude de Jouffroy telah membuat kapal uap yg beroda
kerja pada tahun 1783, dan mulai bereksperimen dengan torpedo kapal selam dan
kapal torpedo. Fulton adalah penemu panorama pertama akan ditampilkan di Paris,
yang selesai pada 1800. Jalan di mana panorama ditunjukkan masih disebut ” ‘Rue
des Panorames’” (Panorama Street) sekarang.
Fulton merancang kerja kapal selam pertama,
Nautilus antara 1793 dan 1797, ketika tinggal di Perancis. Dia meminta
pemerintah untuk mensubsidi pembangunannya tapi ia menoleh ke bawah dua kali.
Akhirnya ia mendekati Menteri Kelautan dirinya sendiri dan pada tahun 1800
diberi izin untuk membangun. Fulton menyajikan kapal uap nya untuk
Bonaparte pada tahun 1803.
Di Perancis Fulton juga bertemu dengan Kanselir
Robert R. Livingston yang ditunjuk sebagai Duta Besar AS untuk Prancis pada
tahun 1801, dan mereka memutuskan untuk membangun sebuah kapal bersama-sama dan
coba jalankan di Seine. Fulton bereksperimen dengan air hambatan dari berbagai
bentuk lambung, membuat gambar dan model, dan punya kapal uap dibangun. Pada
sidang pertama perahu berlari sempurna, tapi lambung ini kemudian dibangun
kembali dan diperkuat, dan pada 9 Agustus 1803, perahu ini dikukus sampai
Sungai Seine. Perahu itu 66 kaki (20,1 m) panjang, 8 kaki (2,4 m) beam, dan
dibuat antara 3 dan 4 mil per jam (4.8 dan 6.4 km / h) melawan arus.
Pada tahun 1806, Kanselir
menikah Fulton keponakan Livingston Harriet (yang adalah putri dari Walter
Livingston), dan mereka kemudian memiliki empat anak: Robert, Julia, Mary dan
Cornelia.
Pada 1807, Fulton
dan Livingston bersama-sama membangun kapal komersial pertama, Steamboat Sungai
Utara (kemudian dikenal sebagai Clermont), yang membawa penumpang antara New
York City dan Albany, New York. Yang Clermont mampu membuat sekitar 300 mil
perjalanan di 62 jam. Dari 1811 hingga kematiannya, Fulton adalah anggota
Komisi Canal Erie.
Fulton meninggal
pada 1815. Ia dimakamkan di Pemakaman Gereja Trinitas di New York City, bersama
dengan Amerika terkenal seperti Alexander Hamilton dan Albert Gallatin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar